light on! -tapi gunakan untuk keselamatan Anda-

lampu penerangan merupakan komponen penting dalam kendaraan bermotor, terutama untuk membantu penghilatan pengendara di malam hari dan menjaga pengendara untuk bersiaga akan datangnya kendaraan lain dari sudut berbeda atau arah berlawanan.

di jalan yang gelap, minim penerangan jalan, kita biasanya menggunakan mode lampu jauh/sorot atau beberapa orang mengatakannya sebagai lampu tembak-mampu menerangi jalan lebih jauh dan luas- namun menyilaukan pengendara yang datang dari arah berlawanan.

memang wajar kita sebagai pengendara yang memiliki penghilatan malam terbatas, sangat membutuhkan bantuan dari alat penerangan, baik dari PJU atau dari kendaraan kita sendiri. wajar juga kalau kita menggunakan lampu jauh di jalanan yang gelap dan cenderung sepi, agar kita memiliki pandangan lebih jauh dan luas dan lebih bisa mengantisipasi banyak hal di depan kendaraan.

perlu diingat, lampu jauh menyilaukan pengendara dari arah berlawanan, penggunaan lampu jauh yang tidak sesuai pada tempatnya justru malah bisa menimbulkan celaka atau membahayakan keselamatan. sungguh menyebalkan ketika kita ada di jalan yang tidak begitu ramai dan cenderung gelap, kendaraan yang datang dari arah berlawanan tetap menyalakan lampunya dalam mode lampu jauh, seakan gak peduli sama pengendara di depannya. sering saya kesilauan gara-gara pengendara macam ini, udah dikasih lampu dim berkali-kali tetep aja gak ngeh, gak saling pengertian antar pengguna jalan -tsaah-.

okelah kalau itu "cuma" motor yang masih pake lampu standar, atau mungkin pengendaranya yang kebiasaan pake lampu jauh karena keterbatasan penghilatan atau ya, gatau gimana ngembaliin lampu ke mode normal *sigh*. kadang yang jauh lebih berbahaya ketika mobil apalagi yang udah pake lampu modif, masang lampu jauh dan ga mau ngerti sama silaunya pengendara lain, terutama pengendara motor, yang hanya dilindungi film kaca visor.

intinya adalah, mari kita gunakan lampu kendaraan secara bijak dan saling menghargai pengguna jalan lain, kembaliin lampu ke mode normal selama beberapa detik sampai pengendara itu lewat, toh gak berat kan.

sekian curhatan colongan dari seorang pengguna jalan raya

cheers

0 komentar:

Posting Komentar

mau nyaut? mau nganggepin? gak usah sungkan-sungkan. silahkan salurkan respon di otak dan lidah Anda ke bentuk tulisan :)